Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Berikut ini adalah slide materi kuliah PBO Java :

Konsep OOP , Class dan Object [ unduh ] [ unduh ] [ Update Materi ]

Polymorps Abstact Class dan Interface [ unduh materi ]

UML Class Diagram dan Contoh Kasus Composition [ unduh ]

Java GUI (Grafik User Interface) with Java AWT-SWING [ unduh ]

Bahan untuk Praktikum : [1] [2]

Posting Komentar untuk "Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)"