Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Algoritma, Pseudocode dan Flowchart

Defisi Algorithm, Pseudocode and Flowchart Algoritma adalah Kumpulan instruksi langkah demi langkah yang menjalankan tugas atau operasi tertentu Bahasa “Alami” BUKAN bahasa pemrograman

Pseudocode adalah Kumpulan instruksi yang meniru instruksi bahasa pemrograman

Flow chart adalah Alat desain program visual

Simbol ―Semantik‖ menggambarkan operasi yang akan dilakukan

 

FLOWCHARTS

Definisi: Diagram alir adalah representasi skematis dari algoritme atau proses bertahap, yang menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan urutannya dengan menghubungkannya dengan panah. Diagram alir digunakan dalam mendesain atau mendokumentasikan proses atau program. Diagram alir, atau diagram alir, adalah representasi grafis dari suatu proses atau sistem yang merinci urutan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat keluaran. Diagram alir adalah gambar langkah-langkah terpisah dari suatu proses secara berurutan. JENIS: Diagram Alir Tingkat Tinggi Diagram alir tingkat tinggi (juga disebut tingkat pertama atau atas-bawah) menunjukkan langkah-langkah utama dalam suatu proses. Ini mengilustrasikan "pandangan mata burung" dari suatu proses, seperti contoh pada gambar yang berjudul Bagan Alir Tingkat Tinggi Perawatan Prenatal. Ini juga dapat mencakup keluaran perantara dari setiap langkah (produk atau layanan yang dihasilkan), dan sub-langkah yang terlibat. Diagram alir semacam itu menawarkan gambaran dasar proses dan mengidentifikasi perubahan yang terjadi di dalam proses tersebut. Ini sangat berguna untuk mengidentifikasi anggota tim yang tepat (mereka yang terlibat dalam proses) dan untuk mengembangkan indikator untuk memantau proses karena fokusnya pada keluaran antara. Sebagian besar proses dapat digambarkan secara memadai dalam empat atau lima kotak yang mewakili langkah-langkah utama atau aktivitas dari proses tersebut. Sebenarnya, sebaiknya gunakan hanya beberapa kotak, karena hal itu memaksa seseorang untuk mempertimbangkan langkah-langkah yang paling penting. Langkah-langkah lain biasanya merupakan sub-langkah dari yang lebih penting.

Diagram Alir Terperinci

Diagram alir terperinci memberikan gambaran rinci dari suatu proses dengan memetakan semua langkah dan aktivitas yang terjadi dalam proses tersebut. Jenis diagram alur ini menunjukkan langkah-langkah atau aktivitas suatu proses dan mencakup hal-hal seperti poin keputusan, masa tunggu, tugas yang sering harus diulang (pengerjaan ulang), dan putaran umpan balik. Jenis diagram alir ini berguna untuk memeriksa area proses secara detail dan untuk mencari masalah atau area inefisiensi. Misalnya, Diagram Alir Mendetail Pendaftaran Pasien mengungkapkan penundaan yang diakibatkan ketika petugas pencatatan dan petugas klinis tidak tersedia untuk membantu klien.

Deployment atau Matrix Flowchart

Diagram alur penerapan memetakan proses dalam kaitannya dengan siapa yang melakukan langkah-langkah tersebut. Ini dalam bentuk matriks yang menunjukkan berbagai peserta dan alur langkah-langkah di antara peserta tersebut. Ini terutama berguna dalam mengidentifikasi siapa yang memberikan masukan atau layanan kepada siapa, serta area di mana orang yang berbeda mungkin melakukan tugas yang sama secara tidak perlu. Lihat Deployment of Matrix Flowchart.

Algorithm, Pseudocode and Flowchart

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN FLOWCHARTS

Manfaat diagram alur adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi: Diagram alir adalah cara yang lebih baik untuk mengkomunikasikan logika sistem kepada semua pihak.

2. Analisis efektif: Dengan bantuan diagram alur, masalah dapat dianalisis dengan lebih efektif.

Dokumentasi yang tepat: Diagram alir program berfungsi sebagai dokumentasi program yang baik, yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan.


4. Pengodean yang Efisien: Diagram alir berfungsi sebagai panduan atau cetak biru selama analisis sistem dan fase pengembangan program. 5. Debugging yang Benar: Flowchart membantu dalam proses debugging. 6. Pemeliharaan Program yang Efisien: Pemeliharaan program operasi menjadi mudah dengan bantuan diagram alur. Ini membantu programmer untuk melakukan upaya lebih efisien pada bagian itu Keuntungan: · Diagram Alir Logika mudah dipahami karena memberikan representasi grafis dari tindakan yang akan diambil. · Bagan Alir Logika cocok untuk merepresentasikan logika di mana ada percampuran di antara banyak tindakan. Kekurangan: · Diagram Alir Logika dapat mendorong penggunaan pernyataan GoTo yang memimpin desain perangkat lunak yang tidak terstruktur dengan logika yang sulit diuraikan. · Tanpa alat otomatis, akan memakan waktu lama untuk memelihara Diagram Alir Logika. · Diagram Alir Logika dapat digunakan selama desain logika rinci untuk menentukan modul. · Namun, keberadaan kotak keputusan dapat mendorong penggunaan pernyataan GoTo, menghasilkan perangkat lunak yang tidak terstruktur. Untuk alasan ini, Diagram Alir Logika mungkin lebih baik digunakan selama Desain Struktural

BATASAN PENGGUNAAN FLOWCHART

1. Logika kompleks: Terkadang, logika program cukup rumit. Dalam hal ini, diagram alur menjadi rumit dan kikuk.

2. Perubahan dan Modifikasi: Jika perubahan diperlukan, diagram alur mungkin perlu menggambar ulang sepenuhnya.

3. Reproduksi: Karena simbol diagram alur tidak dapat diketik, reproduksi diagram alur menjadi masalah.

4. Hal-hal penting dari apa yang telah dilakukan dapat dengan mudah hilang dalam rincian teknis tentang bagaimana hal itu dilakukan.

PEDOMAN UNTUK MENGGAMBAR FLOWCHART

Diagram alir biasanya digambar menggunakan beberapa simbol standar; namun, beberapa simbol khusus juga dapat dikembangkan bila diperlukan. Beberapa simbol standar, yang sering diperlukan untuk membuat diagram alir pada banyak program komputer.

Berikut ini adalah beberapa pedoman dalam pembuatan diagram alir:

(a) Dalam menggambar diagram alir yang tepat, semua persyaratan yang diperlukan harus dicantumkan dalam urutan yang logis.

(b) Diagram alir harus jelas, rapi dan mudah diikuti. Seharusnya tidak ada ruang untuk ambiguitas dalam memahami diagram alur.

(c) Arah aliran prosedur atau sistem yang biasa adalah dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.

(d) Hanya satu garis aliran harus keluar dari simbol proses.

Demikianlah penjelasan Definisi Algorithm, Pseudocode and Flowchart Definisi Algorithm, Pseudocode and Flowchart

Posting Komentar untuk "Definisi Algoritma, Pseudocode dan Flowchart"