Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Editor Untuk Pemrograman

Aplikasi editor selalu menarik bagi pengembang dari seluruh dunia setiap kali mereka memamerkan editor kode terbaik mereka di pameran komputer dan konferensi teknologi. Pada catatan itu ketika kita berbicara tentang editor kode gratis untuk Windows dan Mac untuk digunakan pada tahun 2021, kami tidak bisa tidak menunggu untuk mengantisipasi fitur-fitur baru untuk segera digunakan. 

Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang perangkat lunak pengkodean terbaik untuk berbagai platform. Namun, kami akan memberikan penekanan ekstra pada Windows OS dan Mac OS karena mereka adalah sistem operasi yang populer saat ini.

Sebagian besar editor kode terbaik ini gratis; Anda tidak perlu membeli lisensi mahal atau apapun untuk mulai mengerjakannya. Cukup unduh versi uji coba dari perangkat lunak tersebut dan lihat apakah itu memenuhi kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda dapat mengonversi ke perangkat lunak berbayar untuk Anda sendiri atau perusahaan tempat Anda bekerja.

5 Aplikasi Editor Untuk Pemrograman

Selain itu, kami juga akan memberi tahu Anda tentang editor kode paling menakjubkan yang dapat Anda dan tim pengembangan Anda gunakan dari segi fitur. Karena tidak semua editor kode sama, beberapa di antaranya tidak dapat digunakan untuk proyek berskala luas.

Demikian pula, editor kode versi dasar dapat digunakan sebagai aplikasi mandiri. Jika aplikasinya memungkinkan, aplikasi itu dapat diintegrasikan ke dalam Integrated Development Environment (IDE). Mari kita lihat daftar editor kode terbaik kami dan lihat apa yang telah kami pilih sejauh ini.

 1. Notepad++

Salah satu editor kode paling terkenal yang telah digunakan oleh pengembang di seluruh dunia cukup lama adalah Notepad ++. Aplikasi luar biasa ini dikembangkan di C ++. Versi peluncuran awal sangat sederhana. Saat itu tidak banyak fungsinya, tetapi Notepad ++ mendapatkan banyak ulasan positif.

Tidak hanya pengembang tetapi pengguna biasa juga lebih suka menggunakan alat ini daripada aplikasi notepad asli Windows.

Menggunakan API win32 murni, Notepad ++ memiliki kecepatan eksekusi yang luar biasa, yang sangat bagus untuk mesin gen modern. Berkat waktu eksekusi yang lebih baik, kompilasi kode berlangsung dalam hitungan beberapa detik. Ini membantu programmer menyelesaikan berbagai hal dengan segera.

Aplikasi ini hanya kompatibel dengan platform Windows saat ini. Ini menggunakan lisensi GPL untuk bekerja. Jika Anda penggemar Mac, jangan khawatir. Kami memiliki beberapa editor kode yang ditambahkan ke daftar. Tetap abaikan saja.

Fitur Utama

Penyelesaian otomatis: Penyelesaian kata, Penyelesaian fungsi

Penyorotan dan pelipatan Sintaks yang ditentukan pengguna

Dukungan Multi-tampilan dan Multi-Bahasa

Mendukung penyorotan sintaks untuk bahasa seperti PHP, JavaScript, HTML, dan CSS

Perekaman dan pemutaran makro

GUI yang sepenuhnya dapat disesuaikan

Penyimpanan otomatis

Indentasi terpandu

Makro

Pengeditan layar terpisah dan pengguliran tersinkronisasi

2.Atom

Salah satu editor kode paling terkenal dan berguna dalam daftar ini adalah Atom. Digunakan oleh jutaan pengembang di seluruh dunia, ini adalah aplikasi luar biasa dengan UI yang sangat sederhana yang meningkatkan kegunaannya.

Salah satu fitur keren dari editor kode gratis terbaik ini adalah pengembang dapat mengirimkan paket langsung dari aplikasi. Atom tersedia untuk diunduh di berbagai platform: perangkat Windows, Linux, dan Mac. Jika Anda adalah pengguna Mac OSX, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mencoba aplikasi ini.

Fitur Utama

Package Manager Terintegrasi untuk dukungan Plugin

Mendukung Palet Perintah

Fitur pelengkapan otomatis pintar

Pengeditan lintas platform

Manajer paket bawaan

Browser sistem file

Temukan dan ganti alat

Pelengkapan otomatis cerdas

Beberapa panel

Paket dan tema

5 Aplikasi Editor Untuk Pemrograman

3.Visual Code

Milik Keluarga perangkat lunak yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Microsoft, Visual Studio Code adalah editor kode luar biasa yang kami miliki dalam daftar. Aplikasi ini adalah perangkat lunak luar biasa yang menawarkan dukungan bawaan yang dalam untuk Node.js, TypeScript, dan JavaScript.

Salah satu fitur paling efektif dan hemat waktu dari aplikasi ini adalah infusnya dengan A.I.

Itu berarti bahwa semua kode yang ditulis pengembang dalam aplikasi dibaca oleh perangkat lunak. Akibatnya, ini menghasilkan tanggapan otomatis untuk penulisan kode. Tanggapan ini didasarkan pada jenis variabel, definisi fungsi, dan modul penting.

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di Windows, Linux, dan Mac OSX.

Fitur Utama

Pemfaktoran ulang kode & debugging

Bekerja dengan mudah dengan Git dan penyedia SCM (Software Configuration Management) lainnya

Mudah dikembangkan dan disesuaikan

Kode Visual Studio CLI

Bagikan Langsung

Helpers (Intellisense, Menu Konteks)

Plugin dan Tema

Debugging

Tampilan Terpisah, Mode Zen

Terminal Terintegrasi


5. SublimeText

Ingin tampilan text editor yang ‘wah’ dengan fitur yang melimpah? Coba Anda lihat Sublime Text di bawah ini. Indah.

Salah satu keunggulan dari Sublime Text memang tampilannya yang dinamis. Tersedia juga beberapa tema yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

Sublime Text termasuk di dalam text editor yang mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Jadi tidak masalah jika Anda mengerjakan pengembangan aplikasi menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda-beda.

Linux merupakan sistem operasi yang paling kompatibel dengan Sublime Text, performanya lebih maksimal di sistem operasi ini. Fungsi pencarian Sublime Text dapat bekerja lebih optimal di Linux karena terdapat 

Keunggulan lain dari Sublime Text adalah cepat dan dapat digunakan bahkan di perangkat dengan resource yang kecil. Sublime Text juga memungkinkan Anda untuk menambah fitur dengan menginstall plugin. Anda bisa menginstall beberapa plugin apabila mempunyai resource yang cukup.

Sublime Text dapat Anda gunakan secara gratis dengan batasan waktu. Namun Sublime Text juga menyediakan fitur premium yang hanya bisa Anda gunakan jika melakukan pembayaran. Biayanya sekitar 70 US Dollar untuk mendapatkan lisensi penuh. 

Fitur Utama

Multiple Selections

Powerful Api And Package Ecosystem

Split Editing

Performance

Command Palette

Customize Anything

Instant Project Switch

Cross Platform


Kesimpulan

Itu dia, ini adalah 5 Aplikasi Editor Untuk Pemrograman terbaik yang tersedia saat ini. Mereka gratis untuk diunduh dan digunakan. Mereka dirancang dan dimuat dengan fungsionalitas terbaik yang dibutuhkan pengembang secara teratur.

Tentu saja, standar editor kode gratis / berbayar kami yang "terbaik" mungkin tidak sama dengan milik Anda. Jika Anda memiliki software favorit yang tidak ada dalam daftar ini, silakan bagikan masukan Anda melalui bagian komentar di bawah. Kami akan menambahkan program itu untuk Anda dalam penulisan ekstensi tindak lanjut.

 

1 komentar untuk "5 Aplikasi Editor Untuk Pemrograman"

  1. Harrah's Resort Atlantic City - Mapyro
    Mapyro, NJ. Harrah's Resort 아산 출장샵 Atlantic City (mapyro). 평택 출장마사지 Harrah's Resort 화성 출장안마 Atlantic City. Directions. 597 rooms. Map. Harrah's Resort 세종특별자치 출장샵 Atlantic City 성남 출장안마

    BalasHapus