Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Template Email Tindak Lanjut Penjualan Terbukti Mendapat Tanggapan

Bagian yang menentukan atau menghancurkan kesepakatan apa pun adalah sentuhan kedua, karena di sinilah Anda mulai mengubah prospek dan prospek menjadi klien.

Email mungkin merupakan cara yang paling nyaman dan logis untuk menindaklanjuti prospek Anda setelah pengantar atau proposal awal, tetapi memiliki satu kelemahan yang sangat serius. Bagaimana Anda mencegah email Anda menghilang begitu saja ke dalam kotak masuk prospek Anda yang penuh?

 Jangan takut!

Kami memiliki rahasia untuk menangani hampir semua situasi penjualan yang memerlukan tindak lanjut. Di akhir artikel ini, Anda akan diperlengkapi dengan kumpulan email tindak lanjut yang secara dramatis akan meningkatkan tingkat respons prospek Anda, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak penjualan dalam jangka panjang.

Kami telah mengumpulkan 15 template yang dapat Anda gunakan untuk mencakup hampir semua situasi penjualan. Kami juga telah menambahkan beberapa saran tentang kapan harus mengirim ini, karena waktu Anda sering kali sama pentingnya dengan pesan. Dengan mengutak-atik, mengadaptasi, dan belajar dari templat ini, Anda dapat secara dramatis meningkatkan tingkat penutupan Anda.

Email Tindak Lanjut: Bagaimana, Siapa dan Kapan

Salah satu pelajaran terbesar yang perlu dipelajari setiap wiraniaga adalah bahwa pelanggan akan membeli saat mereka siap untuk membeli.

Semua wiraniaga menyukai prospek panas, jenis yang langsung membeli dan membutuhkan usaha paling sedikit, tetapi prospek panas akan selalu menjadi persentase kecil dari total jumlah prospek Anda. Penjualan nyata terjadi dengan prospek yang hangat atau dingin.

Ada tiga aturan yang harus Anda patuhi saat harus menindaklanjuti petunjuk ini:

Kesabaran akan dihargai. Anda perlu memainkan permainan yang panjang dan menindaklanjuti secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.

Pastikan penjualan dan pemasaran selaras dan memiliki peran yang jelas dalam tindak lanjut.

Anda membutuhkan sistem. CRM penjualan yang baik seperti Pipedrive akan membantu mencegah situasi yang memalukan seperti email duplikat atau membuat prospek Anda merasa seperti sedang dikirimi spam.

Meskipun poin satu dan tiga di atas cukup jelas, banyak perusahaan bergumul dengan poin nomor dua. Meskipun pemasaran biasanya ditugaskan untuk menghasilkan prospek dan penjualan dengan menutupnya, tindak lanjut bisa membingungkan.

Kerja Tim Menutup Lebih Banyak Promo

Pekerjaan siapa yang menghangatkan prospek? Kami akan menyarankan sistem yang menggunakan beberapa kerja tim yang terstruktur dengan baik. Pastikan bahwa pemasaran dan penjualan bekerja sama untuk menghangatkan prospek dan selalu ingat hal berikut setiap saat.

Anda harus mengirimkan informasi yang relevan dan berharga kepada setiap prospek secara teratur, tanpa henti, dan sering.

Jadikan komunikasi dengan prospek efisien. Jika Anda memiliki daftar prospek yang besar, kontak satu lawan satu menjadi tidak praktis dan mahal, oleh karena itu pendekatan templated kami.

Lacak dan catat. Sistem seperti Pipedrive memastikan bahwa setiap sentuhan dicatat dan berbagai tindak lanjut dijadwalkan dan dijalankan dengan benar. Pengingat spreadsheet dan kalender tidak akan berhasil jika Anda berencana untuk meningkatkan bisnis Anda.

Siapkan materi Anda. Tim Anda membutuhkan gudang informasi yang spesifik, berguna dan menarik yang dapat Anda gunakan untuk menyusun pesan tindak lanjut Anda. Tidak ada yang lebih buruk dari email tindak lanjut yang tidak memiliki konten. Jangan pernah cerewet.

Ketika Datang untuk Menindaklanjuti Email, Pengaturan Waktu adalah Segalanya

Perlu diingat, meskipun prospek Anda ada di benak Anda setiap hari, hal yang sama tidak berlaku sebaliknya. Anda bersaing dengan perusahaan saingan, kesepakatan lain, dan kesalahan ingatan manusia.

Anda perlu memastikan bahwa Anda mengingatkan prospek Anda tentang produk atau layanan Anda pada interval yang teratur, dipikirkan dengan matang dan terencana.

'Kenali pelanggan Anda' akan selalu menjadi perintah pertama penjualan dan itu adalah aturan emas saat menyusun strategi tindak lanjut Anda.

Anda biasanya ingin melakukan sentuhan kedua segera setelah sentuhan awal. Idealnya satu atau dua hari. Ingatkan prospek tentang siapa Anda dan apa yang Anda diskusikan dan usulkan atau minta langkah selanjutnya.

Triknya terletak lebih jauh. Tahukah Anda siklus pembelian yang diikuti oleh calon klien? Apakah ada jendela penganggaran atau pengadaan yang Anda ketahui?

Mungkin Anda memiliki beberapa informasi orang dalam tentang berakhirnya kesepakatan yang mereka miliki dengan salah satu pesaing Anda? Pastikan Anda merencanakan acara ini secara menyeluruh. Banyak kesepakatan telah dicapai berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah presentasi awal melalui waktu yang tepat dan ketekunan.

Cukup Bicara: Mari Kita Buka Template Email itu

pesan tindak lanjut

Kasus penggunaan: Setelah pertemuan awal

Anda bertemu dengan prospek dan membahas promosi penjualan Anda. Anda meninggalkan rapat dengan perasaan yakin bahwa Anda baru saja memulai kesepakatan, namun Anda tetap di sini, tiga hari kemudian dan Anda belum mendengar kabar dari mereka.

 

Ini adalah email klasik 'pengingat lembut' atau 'menyentuh dasar'. Kuncinya di sini adalah memajukan percakapan dan memberikan alasan konkret untuk memberikan tanggapan.

 

1. Baris subjek: Apakah Anda siap untuk tindak lanjut

[Name], saya ingin mengucapkan terima kasih atas waktu Anda dan cara Anda ingin memindahkan

percakapan ke depan.

Jika Anda masih tertarik, harap sarankan langkah selanjutnya.

Saya menunggu tanggapan Anda

[Tanda tangan]

Meskipun penting untuk memberikan informasi sebanyak mungkin kepada prospek pada awalnya, ini merupakan dorongan besar untuk menindaklanjuti jika ada pertanyaan yang masih belum terjawab atau yang membutuhkan konsultasi dari Anda. Bahkan mungkin ada baiknya menciptakan situasi ini dalam promosi penjualan Anda.

2. Baris subjek: Kabar baik. Saya memiliki info yang Anda minta

[Name], saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah memberi saya kesempatan untuk berbicara dengan Anda pada [hari].

Saya telah memeriksa dengan departemen akuntansi kami / bos saya / gudang kami dan mereka akan dengan senang hati mengatur [permintaan khusus].

Beri tahu saya bagaimana Anda ingin melanjutkan dari sini.

[Tanda tangan]

Saat Anda menjual produk atau layanan yang sifatnya sangat kompleks atau memerlukan proposal atau harga yang dipesan lebih dahulu, kemungkinan besar Anda memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan setelah pertemuan awal.

Ini adalah salah satu tindak lanjut termudah untuk ditulis, tetapi banyak orang masih salah dengan mencoba memasukkan semua informasi ke dalam badan email. Saat prospek membuka email dan melihat apa yang tampak seperti teks novel, mereka hampir selalu membenci Anda dan produk Anda. Beri mereka semua info yang mereka butuhkan tetapi biarkan mereka menemukannya pada waktu mereka sendiri dan Anda akan mendapatkan lebih banyak tanggapan.

3. Baris subjek: Ini informasi yang Anda minta

Halo [Nama],

Saya sangat menikmati mengobrol dengan Anda lebih awal hari ini dan mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan [perusahaan mereka]

Saya menjanjikan Anda beberapa info lebih lanjut dan ini dia. Saya telah melampirkan lebih banyak informasi tentang [permintaan] dan [lainnya].

Tolong beri tahu saya jika Anda sudah memiliki kesempatan untuk melihat info ini dan ingin saya menelepon Anda untuk berdiskusi. Saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda. Jangan ragu untuk menelepon saya di [nomor Anda] kapan saja.

[Tanda tangan]

Kasus penggunaan: Mengikuti peristiwa pemicu

Kami akan berasumsi bahwa Anda menggunakan beberapa bentuk pelacakan dan analytics pada email Anda. Jika tidak, gunakan alat untuk melakukannya sekarang, kami akan menunggu Anda kembali sebelum melanjutkan. Dapat satu? Oke, ayo lanjutkan. Jika analitik Anda menunjukkan bahwa seorang prospek membuka email Anda sebelumnya, mengklik tautan dan mengunjungi situs Anda, Anda pasti perlu menyerang sementara prospeknya panas. Ada dua opsi dan mana yang Anda gunakan akan bergantung pada gaya penjualan dan kepribadian Anda.

4. Baris subjek: Apakah Anda ingin informasi lebih lanjut?

Halo [Nama],

 

Saya percaya bahwa Anda telah memiliki kesempatan untuk membaca email saya sebelumnya dan melihat situs web kami, jadi saya pikir ada baiknya untuk berkonsultasi lagi dengan Anda.

Apakah Anda sudah memikirkan lebih lanjut tentang proposal saya? Saya akan dengan senang hati melakukan peninjauan singkat di telepon dan menjawab setiap dan semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki.

Kapan Anda cocok untuk percakapan singkat?

[Tanda tangan]

Opsi lainnya jauh lebih mudah.

5. Baris subjek: Saya melihat Anda tertarik pada [nama perusahaan]

Halo [Nama]

Saya harap ini tidak tampak menyeramkan, tetapi saya melihat Anda telah membaca email saya sebelumnya dan mengunjungi situs kami (keajaiban teknologi modern). Saya pikir ini akan menjadi saat yang tepat bagi kita untuk melanjutkan percakapan.

Tolong beri tahu saya kapan saya bisa menjadwalkan waktu untuk datang dan melihat Anda dan membawa Anda melalui rencana saya tentang bagaimana kita bisa bekerja sama.

Saya menantikan kabar dari anda.

[Tanda tangan]

Contoh penggunaan: Saat prospek memiliki bisnis yang belum selesai

Sering kali orang yang Anda temui pada awalnya bukanlah pembuat keputusan akhir dan perlu pergi dan berkonsultasi dengan rekan kerja atau atasan mereka. Anda ingin memberi mereka cukup waktu untuk melakukannya, tetapi juga menjaga agar pimpinan tetap hangat dan bahkan mungkin mendorong mereka untuk melakukan tindak lanjut. Kami menyarankan untuk memberikannya sekitar 4-5 hari kerja sebelum memulai yang berikut ini.

6. Baris subjek: Seperti yang dijanjikan, berikut info selengkapnya tentang [nama perusahaan]

Halo [Nama]

Saya ingin mengucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk mendengarkan saya pada [DAY]. Saya sangat senang dengan potensi hubungan ini.

Anda menyebutkan bahwa Anda perlu berkonsultasi dengan [Orang] sebelum membuat keputusan. Saya sangat ingin mendengar apa yang mereka pikirkan tentang lamaran saya.

Apakah ada tempat di kalender Anda yang dapat saya klaim untuk mendiskusikan bagaimana kita dapat membawa kesepakatan ini ke depan?

[Tanda tangan]

Kasus penggunaan: Pameran dagang, acara jaringan atau konferensi

Pameran dagang dan konferensi adalah tempat yang bagus untuk mengumpulkan prospek. Jika Anda memilih acara dengan benar, kemungkinan besar Anda mencapai target pasar tepat di tempat yang tepat. Mereka telah mempercayakan detail kontak mereka dan menunjukkan minat kepada Anda, jadi email tindak lanjut ini mungkin mudah ditulis, tetapi bisa juga salah. Ini adalah kesempatan bagus untuk memberi mereka lebih banyak informasi dan latar belakang tentang produk atau layanan Anda.

7. Baris subjek: Berikut informasi tentang [nama perusahaan] yang Anda inginkan

Halo [Nama],

Pertunjukan yang bagus. Saya harap Anda menikmatinya dan ingin berterima kasih atas minat Anda pada [perusahaan]

Saya yakin meningkatkan [tujuan] Anda adalah salah satu prioritas utama perusahaan Anda, jadi saya pikir akan lebih baik untuk menghubungi Anda lebih cepat daripada nanti.

Saya pikir saya akan mengirimkan [informasi] untuk Anda tinjau. Jika Anda menginginkan informasi tambahan tentang ini, saya akan dengan senang hati mengobrol singkat melalui telepon.

Beri tahu saya jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin melakukan percakapan yang lebih mendalam. Saya siap dan menunggu.

[Tanda tangan]

Kasus penggunaan: Segera setelah meninggalkan pesan suara

Pesan suara dan email digabungkan seperti bacon dan telur. Dampak mengikuti satu sama lain sering kali akan menguntungkan Anda. Rahasianya di sini adalah cepat. Kirim email dalam beberapa menit setelah keluar dari pesan suara untuk menghasilkan efek penuh dari tindakan ganda klasik ini. 

8. Baris subjek [Saya baru saja mencoba menghubungi Anda]

Halo [Nama]

Saya baru saja mencoba menelepon Anda tetapi menganggap Anda sibuk. Saya tahu bagaimana kelanjutannya.

Tolong hubungi saya kembali di [nomor] atau beri tahu saya kapan Anda bisa menelepon kembali.

Saya menantikan kabar dari anda.

[Tanda tangan]

Kasus penggunaan: Identitas salah

Terkadang menemukan orang yang tepat untuk diajak bicara adalah setengah dari perjuangan. Jika Anda mengirimkan email yang benar-benar dingin setelah menemukan detail kontak prospek secara online, mungkin ada baiknya mengirimkan hal-hal berikut. Mereka biasanya akan menegaskan bahwa mereka memang orang yang tepat, atau setidaknya merujuk Anda ke orang yang seharusnya Anda ajak bicara.

9. Baris subjek: Saya harap Anda dapat meluruskan saya

Halo [nama]

Saya mengirimi Anda email beberapa hari yang lalu tentang [perusahaan atau produk] dan baru setelah itu saya tersadar bahwa saya mungkin menggonggong pohon yang salah.

Perusahaan saya menawarkan [layanan atau produk] yang menurut saya cocok untuk [perusahaan].

Apakah Anda orang yang tepat untuk diajak bicara mengenai hal ini? Jika tidak, dapatkah Anda membantu saya menemukan pembuat keputusan yang relevan?

Saya menantikan tanggapan Anda

[Tanda tangan]

Kasus penggunaan: Menindaklanjuti tindak lanjut

Di sinilah menjadi menarik dan rumit. Saat Anda menindaklanjuti email yang sebelumnya tidak dijawab (atau banyak di antaranya), sangat mudah untuk mulai terdengar putus asa atau cengeng. Di sinilah persiapan dan perencanaan Anda akan terbayar. Ingat ketika kami menyebutkan sebelumnya bahwa Anda perlu mengembangkan informasi menarik yang dapat Anda berikan kepada prospek? Sekarang adalah waktunya untuk mengeluarkannya dari penyimpanan dan melepaskannya.

10. Baris subjek: Beberapa hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang [nama perusahaan]

Halo [Nama]

Saya mengirimi Anda email beberapa waktu yang lalu tentang [nama perusahaan] dan bagaimana menurut saya kami bisa sangat cocok untuk Anda dan [perusahaan].

Tahukah Anda bahwa klien kami melaporkan [peningkatan 43%] dalam [penjualan] ketika mereka menggunakan [perangkat lunak] kami? Kami juga menawarkan [pelatihan penuh] dan [diskon 20%].

Jika Anda ingin mendengarnya lebih detail, beri tahu saya. Saya akan dengan senang hati meluangkan waktu 30 menit untuk memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui.

Saya menantikan tanggapan Anda.

[Tanda tangan]

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kampanye media sosial yang sukses. Berikan prospek Anda sesuatu yang dapat mereka bagikan dengan kolega atau staf mereka.

11. Baris subjek: Hadiah untuk Anda dan perusahaan Anda

Halo [Nama],

Saya tahu betapa sibuknya Anda mengelola tim Anda dan membantu mereka meningkatkan [fungsi pekerjaan]. Saya mengirimi Anda beberapa informasi tentang [produk atau layanan] beberapa waktu yang lalu dan saya pikir ini saat yang tepat untuk memberi Anda peragaan praktis.

Saya telah membuat / melampirkan beberapa info masuk tamu / sampel / voucher gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengakses / mencicipi [produk atau layanan]. Jangan ragu untuk membagikan ini dengan staf dan kolega Anda. Saya akan sangat tertarik untuk mendengar pendapat mereka tentang itu.

Saya benar-benar ingin menggunakan waktu Anda selama 30 menit karena saya merasa kami benar-benar dapat menambah nilai pada [area operasi] Anda.

Bisakah kita memesan panggilan atau pertemuan?

[Tanda tangan]

12. Baris subjek: Masih berharap bisa terhubung dengan Anda

Halo [Nama],

Maaf kami belum dapat terhubung. Terakhir kali kita berbicara, Anda tampak sangat tertarik pada [tujuan produk atau layanan].

Saya menyadari bahwa Anda kemungkinan besar sangat sibuk, jadi saya dengan senang hati menjadwalkan panggilan telepon dengan Anda kapan saja, bahkan jika itu terjadi di luar jam kerja biasa atau pada akhir pekan jika itu membuat Anda lebih mudah.

Saya benar-benar tidak bermaksud untuk melecehkan Anda, tetapi saya akan menghargai beberapa indikasi tentang keputusan Anda.

Terima kasih sebelumnya

[Tanda tangan]

Jika Anda melakukan pemasaran konten apa pun seperti blog atau penerbitan, Anda memiliki alasan yang bagus untuk mengirim email tindak lanjut.

 

13. Baris subjek: [10 cara Pipedrive meningkatkan keuntungan Anda]

Halo [Nama]

Saat kita bertemu baru-baru ini, jelas bagi saya bahwa Anda sangat tertarik pada [subjek blog].

Ketika saya melihat bahwa tim penerbitan kami telah menyusun [nama blog atau artikel plus hyperlink] saya langsung berpikir bahwa Anda akan senang membacanya.

Saya sangat ingin mendengar pendapat Anda tentang hal ini dan membahas bagaimana kami dapat membantu Anda mencapai [objektif].

Bisakah saya menelepon Anda suatu saat? Kapan waktu yang tepat?

Milikmu

[Tanda tangan]

Kasus pengguna: Akhir yang pahit

Terkadang cara terbaik untuk mendapatkan tanggapan adalah dengan mengancam untuk mengakhiri hubungan. Paling buruk, email ini memungkinkan Anda untuk melakukan pembersihan yang bagus dari saluran Anda dan melepaskan kesepakatan yang tidak terjadi. Terkadang lebih baik kehilangan kesepakatan daripada terus mencambuk kuda mati. Pada titik ini, Anda juga memiliki sedikit kerugian, jadi tidak ada salahnya menjadi sedikit nakal selama Anda tetap bersikap hormat.

14. Baris subjek: Sangat sepi di sini

Halo [Nama]

Saya telah mencoba menghubungi Anda beberapa kali selama beberapa bulan terakhir tanpa hasil, yang membuat saya berpikir bahwa:

Anda tidak tertarik. Tidak apa-apa, saya tidak akan tersinggung.

Waktunya salah. Ini terjadi. Saya akan dengan senang hati kembali kepada Anda dalam beberapa minggu atau bulan, meskipun bertahun-tahun mungkin terlalu lama.

Anda telah diculik oleh alien: Beri tahu mereka bahwa saya senang bisa ikut dan beri tahu mereka di mana bisa menemukan saya.

Saya tidak akan menghubungi Anda lagi tetapi Anda dapat menyimpan info saya di file jika Anda membutuhkan [layanan].

[Tanda tangan]

Email klasik ‘Rumah Tangga yang Baik’ sangat memikat dan memberi Anda alasan yang sempurna untuk melakukan kontak.

15. Baris subjek: Dapatkah saya menutup file Anda?

Halo [Nama]

Bos saya telah meminta saya untuk membersihkan jalur penjualan saya dan saya pikir akan lebih baik jika Anda memberi tahu Anda bahwa nama Anda ada di daftar hapus saya.

Jika Anda tidak tertarik, apakah saya memiliki izin untuk menutup file Anda?

Jika Anda masih tertarik, apa yang Anda rekomendasikan sebagai langkah selanjutnya?

Terima kasih atas bantuan Anda.

[Tanda tangan] 

Cara membuat tingkat respons yang meningkatkan proses tindak lanjut

Sebelum menulis satu email, Anda harus membuat proses tindak lanjut antipeluru (atau mempersempit langkah-langkah longgar di email yang sudah ada).

Mari kita mulai dengan membahas empat langkah penting yang harus disertakan dalam proses tindak lanjut Anda. Kemudian, kami akan melihat kesalahan yang harus dihindari bersama dengan cara untuk mengoptimalkan proses Anda.

Bagaimana tindak lanjut cocok dengan jalur penjualan Anda

menindaklanjuti saluran penjualan email

Menurut Robert Clay dari Marketing Wizdom, hanya 2% prospek yang ditutup setelah pertemuan pertama.

Oleh karena itu, tujuan promosi awal Anda adalah untuk menetapkan fondasi dan memulai proses penemuan. Ini berarti mempelajari siapa lagi yang terlibat dalam proses pembelian bersama dengan bagaimana mereka membuat keputusan.

Demikian pula, meskipun Anda menerima jawaban "tidak", permainan belum berakhir.

Mengapa ini penting? Sederhana: cara Anda menindaklanjuti akan bergantung pada tahap jalur penjualan tempat prospek Anda berada.

Saluran penjualan Anda membutuhkan urutan tindak lanjut di setiap tahap. Biasanya, ini dapat dipecah menjadi langkah-langkah berikut:

Akuisisi Prospek: Saat seorang prospek pertama kali mengisi formulir atau mengambil tindakan pertama untuk memulai hubungan dengan Anda. Di sini, Anda harus merespon dengan cepat untuk menyerang saat motivasi mereka sedang panas. Di sini, Anda perlu menindaklanjuti jika janji temu atau langkah selanjutnya tidak dikonfirmasi.

Prioritas Prospek: Pesan tindak lanjut Anda akan bergantung pada informasi apa yang Anda miliki tentang prospek, serta tindakan apa pun yang mereka ambil. Misalnya, Anda ingin memimpin dengan ajakan bertindak yang kuat bagi mereka yang mengunjungi halaman harga dan fitur beberapa kali.

Pembahasan Dimulai: Bagaimana Anda memulai hubungan akan bergantung pada beberapa faktor. Misalnya, pembuat keputusan senior akan membutuhkan wawasan yang lebih strategis, sementara peran yang lebih "taktis" menghargai spesifikasi teknis. Cocokkan pesan tindak lanjut Anda berdasarkan dengan siapa Anda berbicara.

Perkembangan Peluang: Setelah percakapan awal, Anda sebaiknya menjadwalkan presentasi atau promosi. Dari sana, Anda dapat mengatur panggilan atau rapat kedua untuk membahas keberatan apa pun dan memahami jadwal. Anda harus mengarahkan prospek dari satu langkah ke langkah lainnya, dan ini sering kali memerlukan tindak lanjut.

Jangan takut untuk meminta prospek Anda untuk panduan tentang langkah selanjutnya yang harus diambil. Anda bahkan dapat menanyakan bagaimana mereka ingin ditindaklanjuti.

Meskipun terkadang sulit untuk ditutup, Anda harus selalu berusaha untuk mengakhiri panggilan dengan langkah selanjutnya yang ditentukan dengan jelas. Lakukan ini di akhir rapat atau panggilan konferensi, karena Anda dapat membandingkan jadwal saat itu juga.

Terakhir, selalu rangkum pertemuan awal Anda. Ini memberikan alasan yang bagus untuk mengirim email tindak lanjut segera setelah panggilan. Bonus dari melakukan ini? Itu membuat Anda tetap di atas pikiran prospek (dan kotak masuk) sampai panggilan Anda berikutnya.

Memahami bagaimana tindak lanjut cocok dengan jalur penjualan Anda, sekarang saatnya membicarakan salah satu elemen paling penting: waktu.

Kapan mengirim pesan tindak lanjut Anda

Email tindak lanjut yang baik bergantung pada waktu. Mengetahui berapa lama menunggu, waktu dalam seminggu untuk mengirim email tindak lanjut Anda akan membantu Anda menghasilkan tingkat respons yang lebih baik.

Berikut adalah jenis email tindak lanjut yang harus Anda gunakan (dan kapan harus mengirimnya):

Setelah presentasi: Kirim tindak lanjut satu hingga dua hari setelah presentasi awal Anda. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk meninjau poin rasa sakit mereka, berterima kasih atas waktu mereka dan sertakan ajakan bertindak untuk langkah selanjutnya.

Meninjau dengan pengambil keputusan: Jika ada pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam proses pembelian, siklus penjualan bisa memakan waktu sedikit lebih lama. Kirim email empat hingga lima hari setelah promosi (Anda perlu mempelajari tentang proses pembelian selama sesi telepon ini) untuk memberi mereka cukup waktu untuk berbicara dengan anggota tim lainnya.

Tindak lanjut yang tidak terjawab: Anda akan membutuhkan urutan tindak lanjut jika email Anda tidak dijawab. Di sini, Anda dapat menawarkan sumber daya tambahan, menanyakan apakah mereka masih tertarik atau cara terbaik untuk maju.

Perpisahan: Jika Anda masih belum mendapatkan tanggapan dari email tindak lanjut, hal terakhir yang harus dilakukan adalah menyelesaikannya. Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda menutup file mereka, atau menggunakannya sebagai upaya terakhir untuk menemukan waktu yang lebih baik untuk berbicara.

Hari dan waktu yang tepat untuk mengirim email tindak lanjut akan bergantung dari industri ke industri. Tempat terbaik untuk melihat? CRM Anda sendiri.

Lihat email mana yang menghasilkan tingkat respons terbaik. Analisis hari dalam seminggu dan jam pengirimannya. Gunakan ini untuk merencanakan waktu seputar proses tindak lanjut Anda.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda semua templat email dan contoh yang Anda butuhkan untuk setiap skenario di atas.

Lima kesalahan tindak lanjut yang harus dihindari

menindaklanjuti kesalahan

Hanya dengan mengembangkan proses tindak lanjut yang konsisten, Anda sudah jauh di depan.

Tetapi ada beberapa masalah yang perlu Anda cegah jika Anda ingin menghindari celah umum yang dapat menyebabkan lead Anda lolos.

Dari semua kesalahan tindak lanjut yang dilakukan oleh staf penjualan, berikut adalah lima kesalahan yang cenderung membuat tim penjualan keluar:

Tidak menindaklanjuti dengan cepat: Banyak pemimpin pemikiran percaya bahwa Anda harus menindaklanjuti petunjuk lima menit setelah mereka mengirimkan pertanyaan. Tetapi ini tidak realistis, karena Anda tidak duduk di depan telepon sepanjang hari, dan Anda mungkin melayani penonton internasional. Namun, penting untuk menindaklanjuti dengan cepat. Semakin lama Anda meninggalkannya, semakin kecil kesempatan Anda untuk mendapatkan tanggapan. Terapkan sistem untuk memastikan Anda merespons secepat mungkin.

Tidak berfokus pada perusahaan: Banyak wiraniaga membuat kesalahan dengan mengerahkan seluruh energi mereka untuk prospek. Jika Anda menjual ke organisasi besar, Anda harus terlibat dengan banyak orang. Selalu mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang pemangku kepentingan lainnya dan proses pembelian untuk mengakomodasi semua pengambil keputusan.

Tidak cukup sering menindaklanjuti: Sebuah studi oleh Velocify menemukan bahwa 93% prospek yang dikonversi tercapai dalam upaya keenam. Pastikan Anda cukup menindaklanjuti saat hubungan telah dimulai. Anda akan mempelajari cara melakukan ini dengan menambahkan nilai nanti dalam panduan ini.

Tidak menggunakan saluran pilihan: Secara anekdot, 90% prospek ingin mendengar kabar dari Anda melalui email. Tetapi beberapa orang mungkin lebih suka panggilan telepon atau bentuk komunikasi lainnya. Jika mereka lebih memilih panggilan telepon daripada email, tanyakan waktu terbaik untuk menghubungi mereka.

Tidak melacak metrik Anda: Tanpa mengukur kinerja penjualan, Anda tidak akan tahu apakah yang Anda lakukan berhasil. Gunakan CRM untuk mengukur tingkat buka dan respons setiap email Anda untuk melihat bagaimana kinerja setiap email tindak lanjut.

Analisis proses penjualan Anda yang ada. Perhatikan salah satu dari berikut ini. Buat rencana untuk memperbaikinya dan meluncurkannya, pastikan Anda melatih staf penjualan jika diperlukan.

Mengoptimalkan email tindak lanjut Anda untuk meningkatkan tingkat respons

menindaklanjuti email

Sebelum kita beralih ke template, mari kita bahas tentang bagaimana Anda dapat membuat proses tindak lanjut Anda menjadi lebih baik.

Dengan mengoptimalkan proses penjualan Anda dengan cara ini, Anda kemungkinan besar akan melihat tingkat respons yang lebih murah hati (dan juga konversi) dari upaya tindak lanjut Anda.

Mulailah dengan nilai: Begitu prospek baru memasuki saluran Anda, Anda mungkin tergoda untuk langsung terjun ke lapangan. Sebaliknya, tambahkan nilai sebanyak mungkin di muka. Prospek baru tidak mungkin memercayai Anda pada awalnya, dan dengan membimbing mereka serta bertindak seperti penasihat, Anda cenderung membangun kepercayaan yang penting untuk menutup kesepakatan.

Gunakan data dan wawasan: Dukung semua yang Anda katakan dengan statistik pihak ketiga dan anekdot dari para pemimpin pemikiran industri. Anda juga harus menggunakan testimonial dan studi kasus, yang menampilkan hasil yang Anda peroleh untuk klien seperti mereka.

Hindari otomatisasi: Otomatisasi dapat menjadi alat yang ampuh untuk menyederhanakan proses tertentu. Tetapi dalam hal tindak lanjut, Anda harus dipersonalisasi sebaik mungkin. Seperti yang akan Anda lihat dari kerangka dan contoh di bawah, banyak di antaranya mengharuskan Anda memahami perusahaan prospek Anda. Anda tidak bisa mendapatkan ini dalam urutan waktu dan otomatis.

Buat mereka terus datang kembali: Bergantung pada kerumitan penawaran Anda, Anda akan membutuhkan lebih dari satu panggilan atau rapat untuk menutup kesepakatan. Apalagi jika ada beberapa pemangku kepentingan di dalam perusahaan. Oleh karena itu, pastikan percakapan tetap terbuka dan mengarah ke langkah berikutnya secepat mungkin.

Tambahkan kepribadian Anda: Orang melakukan bisnis dengan orang yang mereka sukai atau hormati. Anda harus selalu menjadi diri sendiri selama seluruh proses penjualan, tetapi terutama selama Anda melakukan tindak lanjut. Bahkan jika Anda berpolarisasi, banyak pembuat keputusan senior akan menghormati Anda karena memegang keyakinan Anda sendiri.

Kesimpulan: Beradaptasi dan Belajar

Anda akan melihat satu hal yang dimiliki semua kerangka ini: tidak terlalu panjang.

Prospek Anda kemungkinan besar sibuk dan sifat manusia mendikte bahwa siapa pun yang membuka email dan melihat dinding teks akan segera menutupnya. Jika Anda beruntung dan sangat tertarik, mereka berencana untuk membacanya nanti.

Namun dalam banyak kasus, mereka tidak akan pernah melihatnya lagi. Langsung ke intinya dan lampirkan atau tautkan ke bagian besar info yang perlu Anda kirim.

Tentu saja, ini hanyalah titik awal. Anda perlu menyesuaikan template ini agar sesuai dengan klien dan pasar Anda, tetapi template tersebut akan membantu Anda dengan baik dalam meningkatkan tingkat respons terhadap tindak lanjut Anda.

 

Posting Komentar untuk "15 Template Email Tindak Lanjut Penjualan Terbukti Mendapat Tanggapan"